Kaos adalah sejenis pakaian yang umumnya digunakan untuk acara-acara non-formal, seperti misalnya nongkrong, bermain ataupun jalan-jalan.

Jenis kaos pun beragam dan terus berevolusi dari tahun ke tahunnya, mulai dari bahan, jenis kerah dan juga kaos costum design yang dibuat para pemilik clothing ataupun dibuat secara pribadi.

Penggunaan kaos pun tak lekang dimakan oleh jaman, ini dikarenakan inovasi-inovasi yang terus dilakukan oleh para pemilik brand pakaian agar selalu memikat para pembelinya.

Kegunaan Kaos Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setidaknya kaos memiliki manfaat atau kegunaan dalam aktivitas manusia sehari-hari. Apa saja kegunaan kaos. Berikut diantaranya;

  1. Untuk Kegiatan Santai

Umumnya kaos digunakan untuk acara-acara santai seperti bermain, nongkrong ataupun berjalan-jalan keliling rumah, taman ataupun lainnya. Hal ini dikarenakan bahan kaos yang nyaman dan terlihat lebih pas digunakan di badan.

Dalam stigma di masyarakat, kaos tidak pantas digunakan pada acara-acara resmi seperti misalnya rapat, pertemuan, pernikahan dan lain-lainnya. Ini dianggap tidak sopan dan tidak mempunyai tatakrama.

Di Indonesia sendiri, pada acara-acara resmi, orang lebih memilih menggunakan kemeja ataupun batik. Pakaian ini dianggap lebih formal dibandingkan penggunaan kaos.

  1. Media Promosi

Anda mungkin sering melihat kaos-kaos dengan logo brand tertentu atau misalnya logo partai?. Nah, kaos memang memiliki kegunaan untuk memperkenalkan suatu brand pada khalayak ramai.

Pada musim pemilu, banyak partai dan calon yang sengaja mencetak costum kaos dengan lambang partai ataupun gambar wajah calon. Ini dilakukan sebagai sarana promosi agar orang-orang peduli dengan pesan yang ingin mereka sampaikan.

Namun, umumnya kaos dengan jenis seperti itu memiliki bahan yang jelek dengan kualitas seadanya. Tentu saja ini wajar karena biasanya partai atau calon memesan dalam jumlah sangat banyak.

  1. Untuk Seragam

Kaos juga banyak digunakan untuk baju seragam komunitas ataupun grup tertentu seperti misalnya tim futsal, komunitas pecinta alam dan komunitas lainnya sebagai penanda kekompakan dan kebersamaan.

Umumnya mereka melakukan costum desain pada seragam yang akan dipakai dengan menyertakan kata-kata ataupun logo yang menandakan identitas komunitas mereka.

Selain kaos, mereka juga biasanya menggunakan sticker printing sebagai penanda seseorang adalah bagian dari komunitas tersebut.

  1. Souvenir atau Hadiah

Kegunaan kaos lainnya adalah sebagai hadiah atau souvenir. Ini biasanya dilakukan oleh para pemilik brand sebagai hadiah pada para pembelinya.

Hal ini sering dilakukan oleh para pemilik merk dalam bidang pertanian, seperti misalnya pupuk. Mereka biasanya mencetak kaos untuk dibagikan kepada para petani sebagai bentuk apresiasi dan hadiah karena telah membeli produk yang di produksi dan dipasarkannya.

Selain sebagai bentuk hadiah, tentu saja ini sekaligus menjadi sarana iklan atau promosi melalui orang-orang yang memakai baju tersebut dalam kesehariannya. Bisa dianggap hadiah tersebut sebagai iklan berjalan gratis untuk memperkenalkan merk nya pada khalayak ramai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.