Isitlah Fear Of Missing Out atau FOMO mungkin sudah akrab di telinga kita untuk menggambarkan hubungan karena takut ditinggal seseorang atau tren untuk tidak tertinggal segala sesuatu di lingkungan sosial, khususnya di media sosial. Kini ada istilah baru lagi yang perlu Anda tahu. Selama pandemi Covid-19 muncul istilah FODA atau Fear Of Dating Again alias takut berkencan lagi.

Sebuah tren yang lahir sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang berlangsung berkepanjangan karena adanya penjagaan jarak sosial hingga pembatasan kegiatan di luar rumah dan akhirnya tak sedikit yang mengalami kondisi takut untuk memulai interaksi sosial hingga hubungan asmara.

Eric Buttelman, 26 tahun, pria asal New York, menceritakan kehilangan semangat dan juga gairah untuk kembali berkencan setelah satu tahun pandemi dan memaksanya untuk tidak berinteraksi dengan orang secara langsung di luar rumah.

“Saya terjebak dalam banyak fase pembicaraan daring dengan wanita selama lockdown, tidak satu pun dari mereka akhirnya menjadi pacar yang nyata karena tidak ada perasaan di dalamnya,” kata Buttleman, mengutip dari New York Post.

Berdasarkan studi dari situs kencan Hinge, lebih dari setengah pengguna layanannya mengalami FODA yang menyebabkan mereka tak yakin untuk memulai berkencan. Dalam riset Hinge, beberapa hal yang menyebabkan FODA di antaranya orang lajang berpikir berlebihan untuk sesuatu yang terlalu mendetail hingga penundaan kencan yang berkepanjangan.

“Sebelum pandemi COVID-19, orang-orang memilih untuk berpacaran karena hal itu terasa alami. Orang-orang bisa berkegiatan di luar rumahnya mencoba memulai sebuah hubungan,” kata Kepala dan Ahli Kencan dari aplikasi pencarian jodoh dari Match, Rachel DeAlto.

DeAlto mengatakan FODA terjadi karena orang tidak mencoba sesuatu untuk waktu yang lama dan menimbulkan rasa takut karena harus memulai kembali sesuatu tanpa berlatih terlebih dulu.

“Setiap kali Anda tidak mencoba sesuatu atau melakukan sesuatu yang sering dilakukan, pasti ada ketakutan yang meliputi. Saya rasa ada banyak orang yang mengalami kondisi lupa bagaimana melakukan hal ini,” kata DeAlto.

Tren FODA juga terjadi pada orang- orang yang memikirkan kesehatan sebagai prioritas utama akibat adanya pandemi COVID-19. Misalnya, orang takut berkencan dengan orang yang belum divaksin COVID-19. Dia ketakutan tertular virus corona. Di samping itu, dia merasa upaya memulai sebuah hubungan romantis dimulai dari tahap mengenal di usia 20-an sebagai interaksi yang melelahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.