Dalam dunia SEO atau search engine optimization, backlink merupakan salah satu hal penting yang digunakan untuk menaikan authority sebuah website.

Selain backlink, sebetulnya banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan sebuah website agar muncul di halaman pertama mesin pencarian, seperti misalnya kualitas content, internal link dan tentu saja backlink itu sendiri.

Lalu, sebetulnya apa sih arti dari backlink itu sendiri dan apa jenis-jenis backlink yang biasa digunakan oleh jasa backlink ataupun para pemain blogger.

Apa Itu Backlink?

Secara sederhana, backlink adalah sebuah link yang ada dalam sebuah website yang merujuk pada website lain sebagai bahan referensi dan lain sebagainya. Backlink seharusnya bersifat natural, namun, tentu saja ini dimanipulasi untuk kepentingan tertentu.

Backlink adalah salahs satu faktor penting dalam dunia SEO, semakin berkualitas backlink yang masuk ke website anda, maka website anda akan dinilai baik oleh mesin pencarian.

Namun, yang harus digaris bawahi, bahwasanya kualitas backlink bukan ditentukan oleh banyak sedikitnya backlink yang masuk ke website anda. Melainkan diukur dari seberapa kuat authority website yang memberikan backlink ke website anda.

 

Jenis Jenis Backlink

  1. Backlink Profile

Backlink jenis ini biasanya digunakan untuk menaikan authority website ketika baru pertama kali dibuat menggunakan fresh domain. Tujuannya adalah untuk menaikan nilai website di mata search engine.

Biasanya, seseorang akan menaruh link pada bio atau menu about mereka di website-website tertentu entah itu website berbentuk medsos, forum ataupun lainnya.

  1. Backlink 2.0

Selanjutnya adalah jenis backlink yang biasanya ditanam pada website-website 2.0 seperti misalnya website forum ataupun website sejenis lainnya, seperti misalnya bersosial, kompasiana dll.

Website-website tersebut ada yang bertipe nofollow dan juga dofollow anda bisa mengeceknya melalui tools tertentu.

Adapun, backlink jenis ini dianggap cukup memiliki kekuatan karena bersifat contextual backlink. Namun, itu juga dipengaruhi juga oleh authority yang dimiliki oleh website tersebut dan juga tipe backlink yang digunakan (Nofoll/dofoll).

  1. Backlink Comment

Jenis backlink ini dilakukan dengan cara menaruh link pada akun profile yang digunakan untuk berkomentar di website atau blog orang lain. Atau bisa juga dilakukan dengan cara menyisipkan link pada teks komentar anda di website tersebut.

Adapun, backlink jenis komentar ini sudah jarang dilakukan dan sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli SEO, ini dikarenakan selain dianggap Spam backlink komentar juga dianggap mempunyai nilai yang rendah di mata google.

  1. Backlink PBN

Dalam backlink jenis PBN, biasanya seseorang akan membuat kumpulan kumpulan website dari aged domain atau expired domain untuk secara khusus digunakan untuk melakukan backlink.

Cara seperti ini biasanya digunakan oleh jasa backlink atau jasa review produk untuk memenuhi kebutuhan para kliennya.

Sama seperti backlink kontenstual jenis 2.0, kekuatan backlink PBN didasarkan pada authority yang dimiliki oleh website tersebut.

  1. Backlink Web Authority

Salah satu jenis backlink yang banyak digunakan sekarang ini adalah melakukan backlink dari situs-situs yang memiliki authority tinggi seperti misalnya website-website berita nasional.

Namun, untuk dapat menaruh link di media-media online nasional tersebut anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, ini berkisar diangka 1 sampai 5 juta untuk 1 link keluar di website tersebut.

Untuk masalah kualitas backlink, anda jangan meragukan. Bagaimanapun website seperti misalnya detik, tribunnews, kompas dll memiliki kekuatan yang besar di search engine sehingga ketika anda menaruh backlink disana sedikit banyaknya website yang anda milliki juga terbaca bagus di mata mesin pencarian.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.