Mungkin anda sering mendengar istilah Digital Marketing ataupun misalnya Internet Marketing dalam kehidupan sehari hari, utamanya untuk anda yang sering browsing di internet.

Banyak orang yang sukses ketika menjalankan strategi digital marketing dalam bisnisnya. Setelah menjalankan strategi tersebut orderan melimpah ruah dan omset naik seketika.

Anda bisa menjalankan digital marketing secara mandiri ataupun misalnya melalui jasa digital marketing seperti marketingdigital.id

Lalu, apa sih sebetulnya digital marketing itu dan apa seluk beluk yang ada dalam dunia digital marketing. Berikut adalah ulasan singkatnya;

Apa Arti Digital Marketing?

Digital marketing adalah teknik pemasaran menggunakan segala hal yang berkaitan dengan dunia internet, baik itu menggunakan periklanan, SEO ataupun jenis-jenis teknik optimasi lainnya.

Dalam prakteknya, pemasaran melalui media digital sering menggunakan beberapa cara seperti misalnya media sosial marketing, video marketing, email marketing, search engine marketing, video marketing dan lain sebagainya.

Manfaat Digital Marketing

Digital marketing memiliki beberapa manfaat baik ketika digunakan untuk bisnis, branding ataupun tujuan-tujuan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan digital marketing;

  1. Jangkauan Pasar Luas

Dengan menggunakan strategi digital marketing, jangkauan pasar anda lebih luas, produk anda bisa dilihat dan dikenal oleh orang-orang yang ada di Papua sampai Aceh.

Ini berbeda dengan ketika misalnya anda berjualan secara offline, dimana pasar anda hanyalah orang-orang yang berada di sekitar anda.

  1. Menghemat Biaya

Bagi sebagian orang, menggunakan Digital marketing dianggap lebih hemat biaya karena kita tidak perlu terlalu banyak menggunakan biaya untuk membayar gaji karyawan ataupun SDM pemasaran.

Meskipun pada prakteknya digital marketing juga membutuhkan biaya besar, namun, ini umumnya sebanding dengan pendapatan yang masuk.

Jadi, selain menghemat biaya, menggunakan DM juga membuat bisnis lebih ramping dan bisa berjalan secara efektif dan efisien.

  1. Database

Setiap anda melakukan kampanya digital marketing, sistem akan merekap secara otomatis data data yang masuk, baik itu siapa yang mengunjungi, melakukan interaksi dan sebagainya.

Data-data tersebut nantinya dapat anda kumpulkan dalam sebuah database dan diolah sedemikian rupa agar menjadi lebih bermanfaat di masa depan. Hal tersebut dapat anda lakukan secara mandiri atau otomatis oleh sistem.

Jenis Jenis Digital Marketing

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwasanya digital marketing terdiri dari beberapa jenis. Berikut diantaranya;

  1. Search Engine Marketing

Jenis marketing digital ini akan banyak berkutat pada posisi website di serp pencarian. Secara sederhana, digital marketer akan menjalankan sebuah strategi agar posisi website berada di puncak pencarian ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu, baik itu di google, yahoo, bing dan mesin pencarian lainnya.

Pada jenis ini biasanya seseorang akan menjalankan strategi SEO ataupun melakukan periklanan digital menggunakan Google Adwords agar website mereka ada di posisi atas mesin pencarian dalam kata kunci tertentu, misalnya jual mobil bekas Surabaya, sewa mobil Bandung dsj.

  1. Social Media Marketing

Sesuai dengan namanya, digital marketing jenis ini berfokus pada pemasaran melalui media sosial seperti misalnya facebook, instagram, youtube dsb.

Strategi yang dijalankan pun beragam, mulai dari melakukan optimasi medsos secara organik ataupun misalnya melalui periklanan seperti misalnya Fb ads dan juga Instagram Ads.

  1. Jenis Lainnya

Selain Search engine marketing dan juga social media marketing, masih banyak jenis digital marketing lain yang tidak disebutkan dalam artikel ini, seperti misalnya video marketing, content marketing, affiliate, digital advertising, email marketin dan sebagainya.

Yang jelas, semua yang telah disebutkan diatas adalah bagian dari digital marketing atau pemasaran melalui media online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.