Membahas soal diet, kiranya langsung tertuju kepada lemak. Lemak merupakan zat yang terdiri dari hidrogen, oksigen, karbon yang tidak larut dalam air. Lemak adalah sumber energi utama bagi tubuh, sama halnya dengan karbohidrat dan protein.

Lemak makanan kerap dianggap tidak baik untuk tubuh. Namun, tak semua lemak berjenis sama. Beberapa jenis lemak justru baik untuk kesehatan. Lemak baik sangat dibutuhkan tubuh sebagai pemasok energi, meningkatkan kolestrol baik, membantu pertumbuhan sel-sel baru, penyerapan vitamin, dan menjaga kesehatan jantung, serta bahan pembentuk hormon.

Untuk membedakan berbagai jenis lemak, para ahlinya membaginya dalam tiga jenis. Lemak tak jenuh, lemak jenuh, dan lemak trans.

Lemak tak jenuh adalah salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak tak jenuh inilah yang disebut lemak baik. Maka, anda harus menyadari pentingnya dalam memenuhi asupan lemak tak jenuh mulai dari sekarang. Lemak tak jenuh terdiri dari dua jenis, yakni, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Mengonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda sama-sama bermanfaat untuk melindungi jantung dan membentuk sel darah baru.

Ciri-Ciri Lemak Baik

Kenali ciri-ciri lemak baik dari sekarang. Mengenali ciri-ciri lemak baik dapat karakteristik makanan yang mengandungnya. Makanan yang mengandung lemak baik cenderung cair saat berada pada suhu ruangan. Lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, dan minyak zaitun. Sedangkan, lemak tak jenuh ganda perlu didapatkan dari makanan seperti berbagai jenis ikan dan minyak nabati.

Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik secara rutin. Penting untuk mengatur pola makan anda dengan baik dan tepat.

ANNISA FEBIOLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.