Beasiswa Turki Untuk Lulusan SMA, Diploma Dan Sarjana – Sebagai negara di Timur Tengah, Beasiswa Turki ini tersedia untuk semua siswa internasional yang belajar berbagai jurusan universitas di Turki. Pemerintah dan pihak swasta memberikan fasilitas untuk melanjutkan studi S1 ​​hingga S3. 

Beasiswa Turkiye adalah istilah lain untuk hibah pendidikan dari negara Timur Tengah ini. Sebagian besar kampus menggunakan bahasa ibu, namun ada juga yang ramah dengan penggunaan bahasa Inggris, Prancis, dan tentu saja bahasa Arab. 

Fasilitas Umum Dan Syarat Beasiswa Ke Turki

Tingkat sarjana hingga doktoral memiliki kesempatan yang seragam untuk melanjutkan pendidikan tanpa biaya mandiri. Lamanya waktu penyelesaian gelar sarjana dari beasiswa Turki adalah 4 sampai 6 tahun, termasuk satu tahun yang merupakan waktu untuk kursus bahasa lokal.

Sedangkan untuk jenjang master dibutuhkan waktu studi maksimal dua tahun dan satu tahun kursus bahasa. Kemudian untuk tingkat atas yaitu S3 membutuhkan waktu sekitar 4 tahun dimana satu tahun diwajibkan untuk mengambil kursus bahasa turki juga. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak penyelenggara biasanya berupa:

  • Tidak ada biaya Kuliah Di Turki bagi peserta yang dapat menyelesaikan studinya dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Tunjangan per bulan untuk mahasiswa S1 sebesar Rp. 1 juta, maka untuk master adalah Rp. 2 juta, dan untuk dokter Rp. 3 juta.
  • Dapatkan akomodasi berupa tempat menginap gratis dari penyelenggara beasiswa turki.
  • Dapatkan asuransi atau asuransi kesehatan sesuai polis.
  • Dapatkan berbagai fasilitas, seperti pelatihan, seminar, pengenalan budaya, dan masih banyak lagi yang terkait dengan kegiatan sosial lainnya.

Fasilitas Beasiswa Dari 7 Kampus Berbeda

Setiap kampus memiliki program studi yang beragam dan Anda dapat memilih dan mengikuti seleksi hingga selesai dan diterima. Dari ketujuh kampus tersebut, beberapa detail yang akan Anda terima adalah:

  • Uang sekolah, buku, dan seragam.
  • Dapatkan tunjangan bulanan sampai studi selesai.
  • Dapatkan akomodasi dan ruang untuk kegiatan sosial.
  • Diberi tiket pulang ke negara asal dan kembali lagi ke Turki setiap tahun.
  • Jaminan kesehatan sampai program studi selesai.
  • Pakaian musim dingin gratis diberikan setiap musim.
  • Dibiayai untuk summer camp mengikuti liburan hingga biaya liburan ke luar kota.

Keduanya penting menjadi penunjang utama agar program studi dapat diselesaikan tepat waktu. Itulah alasan untuk mendapatkan beasiswa Turki ini cukup ketat. Meskipun beberapa institusi tidak mewajibkan melampirkan skor TOEFL atau IELTS, Anda tetap dapat melampirkannya jika sudah memilikinya. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah dan poin penting bagi juri untuk dipertimbangkan Anda dapat menerima hibah pendidikan di sana.

Tips Menerima Dan Mempertahankan Hibah Beasiswa Turki

Tips bagi kamu yang memang ingin menjadi salah satu mahasiswa beruntung penerima beasiswa Turki, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Mengenali Proses

Setiap penyelenggara menyediakan proses dan persyaratan yang berbeda. Biasanya langsung tersedia dari lokasi kampus atau bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan jika kampus asal anda bekerjasama dengan target.

Memilih Kampus Dan Jurusan

Ada dua tipe orang, yang pertama memilih kampusnya dulu baru kemudian menyesuaikan jurusannya. Kedua, pilih jurusan terlebih dahulu lalu lihat kampus mana yang menyediakannya dan fasilitas apa saja yang disediakan bagi calon penerima dana hibah pendidikan.

Mempelajari Budaya

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, pepatah ini sangat tepat untuk dijadikan pedoman ketika anda menuntut ilmu di Turkiye. Ada perbedaan budaya, tetapi itu harus menjadi senjata bagi Anda untuk terus belajar dan memperkaya tautan.

Komitmen

Setiap penyelenggara membuat kebijakan berbeda yang memaksa Anda berkomitmen untuk mematuhinya. Jika pemberi hibah telah memberi Anda manfaat, maka Anda berkewajiban untuk mematuhi setiap aturan pemberi hibah.

Demikian ulasan tentang Beasiswa Turki Untuk Lulusan SMA, Diploma Dan Sarjana semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.