Sebanyak 356 orang tenaga kesehatan (nakes) disiapkan untuk mendukung kejuaraan dunia balap motor World Superbike di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021. Tenaga kesehatan ini sebagian besar berada di Ring 1 area sirkuit.

Di sana terdapat medical center yang dilengkapi 13 ground post, delapan ambulan advance, dua unit helikopter evakuasi medis dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Juga dilengkapi alat kesehatan standard FIM, termasuk alat X-Ray dan USG. Fasilitas medis ini juga didukung oleh 30 dokter spesialis, 17 dokter umum, 57 orang perawat dan 33 tenaga penunjang lainnya.

Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat dr Lalu Herman Mahaputra atau sehari-hari dipanggil dokter Jack menjelaskan kesiapannya melalui keterangan pers yang diberikan Selasa, 16 Oktober 2021. ”Ada tiga ring untuk penanganan kesehatan. RSUD Provinsi NTB sebagai rujukan juga telah menyiapkan fasilitas lainnya,” kata dokter Jack.

Antara lain berupa helipad, IGD 14 bed, lima unit kamar operasi, dua bed ICU, ruang isolasi yang berisi dua bed VIP dan dua bed ICU, enam kamar perawatan VIP dan dua kamar VVIP. Juga dilengkapi alat penunjang berupa MRI dan CT Scan. RSUD Provinsi NTB juga menyiapkan 17 dokter spesialis, tiga dokter umum, 94 orang perawat dan 15 orang tenaga lainnya.

Di ring 2 yang berada di area penonton, disiapkan tujuh tenda medis, dua mini klinik, satu tenda isolasi, satu ambulance advance, lima ambulance transporter, dua orang dokter spesialis, tiga dokter umum, 46 orang perawat, dan diback up 39 tenaga penunjang.

Sedangkan di area sekitarnya sebagai ring 3 terdapat pusat command center di RSUD Provinsi NTB, public safety center (PSC) dan Puskesmas se pulau Lombok termasuk berbagai rumah sakit yang ada seperti RS Mandalika, RS Patuh Patuh Patju, RS Praya dan RSUD Provinsi NTB sebagai rujukan tertinggi.

Sesuai jadwal, kejuaraan balap motor seri puncak World Superbike akan berlangsung bersamaan dengan final Idemitsu Asia Talent Cup 19-21 November 2021.

SUPRIYANTHO KHAFID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.